Dampak virus corona perpanjang seri A hingga Oktober

Dampak virus corona perpanjang seri A hingga Oktober

Musim Serie A dapat diperpanjang hingga September atau Oktober, kepala FA Italia (FIGC) mengatakan pada hari Minggu, 05 April 2020. Dengan adanya pandemi virus corona, Ia memperingatkan bahwa kemungkinan terburuk ada “avalanche of litigation” jika tidak diselesaikan secepatnya di lapangan.

Karena pandemi virus corona ini telah merenggut 15.887 korban jiwa di Italia dan hampir seperempat llebih dari total kematian global. Serie A Itali telah ditangguhkan sejak 9 Maret, beberapa presiden klub telah menyarankan untuk liga musim akan datang harus dibatalkan.

“Satu-satunya cara serius untuk menangani keadaan darurat serius semacam ini adalah menyelesaikan kompetisi musim 2019-2020 tahun ini,” kata presiden FIGC, Gabriele Gravina, kepada program siaran negara RAI, Domenica Sportiva.

“Kami sedang mengerjakan serangkaian solusi yang mungkin untuk mengelola situasi dengan cara sebaik mungkin.”

“Bisakah itu selesai pada bulan September atau Oktober? Itu adalah satu hipotesis. Ini adalah cara untuk menghindari bahaya tidak hanya musim 2019-20 tetapi juga musim 2020-21.”

Gravina menjelaskan bahwa jika musim saat ini ditinggalkan, sepak bola Italia dapat menderita “longsoran litigasi yang mana kami akan dikenakan oleh semua orang yang dapat dianggap rusak dalam hak dan kepentingan mereka.”

Ini bisa termasuk tim-tim yang terdegradasi dan mereka yang absen di sepakbola Eropa musim depan.

Dia menambahkan: “Kami benar-benar akan mengambil risiko kejuaraan yang terjadi hanya di ruang sidang.”

Kamis lalu, UEFA meminta liga-liga di seluruh Eropa untuk menyelesaikan musim mereka begitu sepakbola bisa dimulai kembali.

Badan pemerintahan Eropa menambahkan bahwa jika liga dibatalkan, klub-klubnya mungkin tidak akan diterima ke Liga Champions dan Liga Eropa 2021 musim depan.

Gravina menambahkan bahwa 17 Mei dipertimbangkan sebagai tanggal yang memungkinkan untuk memulai kembali tetapi menekankan bahwa ini adalah “sebuah hipotesis”.